ARTIKEL MAHASISWA PSIKOLOGI I
MENGENAL PSIKOLOGI KEPRIBADIAN BESERTA PARA TOKOH-TOKOHNYA

By abng ipul 02 Okt 2023, 18:45:20 WIB Akademik
ARTIKEL MAHASISWA PSIKOLOGI I

MENGENAL PSIKOLOGI KEPRIBADIAN BESERTA

PARA TOKOH-TOKOHNYA

Baca Lainnya :

     

    Sindy Rahmita, Dewi Ahmad, Ardhita Fabanyo, Kiki Buamona, Siti Munzila, Rahmawati, Nurmina Afandi, Dan Lili Suryani

    Topik yang di bahas pada edisi kali ini tentang  psikologi kepribadian. Ini merupakan bagian dari  tugas mata kuliah psikologi umum semester 1 yang di ampuh oleh ibu Nurulsani S. A. Latief pada program studi psikologi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas muhammadiyah Maluku utara. Berikut materi ke delapan mahasiswa.

    Apa itu psikologi kepribadian?

    Psikologi kepribadian adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang kepribadian manusia melalui sikap tingkah laku atau sikap sehari-hari yang menjadi ciri khas seseorang tersebut. Kepribadian merupakan salah satu bagian atau ciri khas yang istimewa dang sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu psikologi kepribadian adalah hal yang sangat penting untuk dipelajari.

    Sejarah psikologi kepribadian?

    Psiologi kepribadian sebenarnya telah ditunjukan untuk menjadi suatu disiplin ilmu sudah sejak saat yang lama bahkan sebelum masehi. Hal ini juga terdapat dalam sebuah literature mitologi kuno, yang memberikn informasi bahwa pemain drama sering mengunakan make up atau topeng untuk memerankan tokoh lain atau menyembunyikan

    Identitasnya sendiri. Cara ini kemudian dinamakan oleh bangsa romawi dengan istilah personality. Dari kata personality, kata persona sendiri dapat di artikan sebagai kehadiran seseorang melalui identitas yang tidak mencerminkan dirinya melainkan, para pemain drama ingin menciptakan kesan yang mendalam bagi para penonton, akan tetapi tidak meniggalkan kesan mengenai pemeran drama itu sendiri melainkan kesan pada tokoh yang di perankannya. Istilah personality kemudin hadir untuk menanamkan para pemeran sendiri, yang tadiya hanya sebuah peran namun bias menjadi nama panggung yang membuat perannya terkenal. Sejarah psikologi kepribadian ini semakin berkembang sekitar abad ke 18, ketika psikologi menjadi disiplin ilmu yang sah dan di akui maka berkembanglah juga psikologi kepribadian menjadi salah satu cabang dari disiplin ilmunya.

    Tokoh psikologi kepribadian

    Sigmund freud

    Sigmund freud merupakan salah satu tokoh psikologi barat yang sering dikritik oleh psikologi muslim didunia, karena psikonalisa yang di anut freud tidak berjiwa atau mengandung nilai-nilai islami

    Erick Erikson

    Mengemukakan sebuah teori dengan pendekatan psikososial yang di kenal sebagai ego psychology, yang artinya menekankan pada konsep diri/slef yang diatur kekuatan alam bawah sadar/ unconscious serta pengaruh dari kekuatan sosial dan budaya disekitar individu

    Carl jung

    Tipe kepribadian yang kemukakan oleh jung terbagi menjadi 2, yakni ekstrover dan introver. Tipe kepribadian ekstrover yang berorientasi pada interaksi dengan lingkungan sekitar serta introver yang berorientasi dalam diri individu.

    Alfred Adler

    Alfred adler mengemukakan sebuah teori psikologi yang sering disebut sebagai psikologi individual. Adler menjelelaskan bahwa kesadaran sebagai pusat dari kepribadian seseorang, bukan ketidaksadaran. Psikologi individual yang dikemukakan oleh adler memandang individu sebagai makhluk yang saling bergantung secara sosial dengan orang lain.

    Karen Horney

    Karen horney menggambarkan manusia dan kepribadiannya lebih optimis dibadingkan Freud. Salah satu bentuk optimisme ditunjukan dengan  kepercayaannya mengenai kekuatan biologis yang tidak dapat menghukum individu dalam bentuk konflik, cemas, neurosis atau sesuatu yang universal dalam kepribadian itu sendiri. Menurut horney setiap individu memiliki keunikan masing-masing saat individu mengalami perilaku neurotik, mak hal tersebut terjadi disebabkan dorongan sosial pada masa kanak-kanak.

    Erich fromm

    Erich fromm mejelaskan kerangka teori alienasi inidilihat dari latar belakang individu yang mengalami alienasi dan juga bentuknya. Alienasi terjadi karena adanya kebutuhan-kebutuhan mausiawi dari individu yang tidak terpenuhi.

    Teori

    Big five personality

    Model teori lima besar kepribadian dibangun dengan pendekatan yang sangat sederhana. Teori big five personality terlihat kompleks disbanding dengan teori lain sebelumnya. Prosedur yang pergunakan oleh para peneliti, yaitu mencoba menemukan unsur mendasar dari kepribadian dengan meganalisis kata-kata dalam penyesunan aitem skala yang dipergunakan oleh subjek peneliti. Factor kepribadian tersebut sering di sebut dengan OCEAN, yaitu: neoroticisn (N) mencakup perasaan-perasaan negative, cemas, sedih, mudah tersentuh, dan nervous yang di alami oleh individu. Factor keterbukaan atas pengalaman (O) meliputi keterbukaan, kedalaman dalam mental individual yang komplek dengan pengalaman hidup yang dimiliki individu. Ekstraversi (E) dan factor kesepakatan (A) termasuk interpersonal bahwa seseorang dapat bekerja sama dan bergaul dengan orang lain. Terakhir adalah dengan disebut dengan factor ketelitian (C), menyangkut tugas dan pencapaian individu serta control yang merupakan persyaratan sosial.

    Mahasiswa Program Studi Psikologi Tahun 2023

     




    Write a Facebook Comment

    Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

    View all comments

    Write a comment